MAHAD ALY GENGGONG ADAKAN BAHTSUL MASAIL SEBAGAI BAGIAN PROSES MENYIAPKAN KADER AHLI AGAMA

Lajnah Bahtsul Masa’il (LBM) Ma’had Aly kembali mengadakan Bahtsul Masa’il Bulanan, tepatnya pada hari Kamis siang tanggal 10 November 2022. Kegiatan ini merupakan kegiatan unggulan di Ma’had Aly Zainul Hasan.

Kegiatan Bahsul Masail ini diadakan dengan tujuan untuk mengasah kelimuan mahasantri dalam berdiskusi dan berpendapat mengenai persoalan untuk menjawab Problematika Ummat, ujar Ketua LBM Akhina M. Nurul Anwar.

Kegiatan ini kemudian menjadi lebih seru karena didampingi oleh perumus dan mushohhih yang tak kalah keren, yaitu Ustdh. Noer Indah Permatasari M.Ag, sebagai perumus, Ust. Imam Syafi’i M.H (Naib Mudir Ma’had Aly Zainul Hasan) sebagai mushohhih.

Kegiatan semacam ini diadakan untuk diselenggarakan sebulan sekali demi membantu kemampuan analisa para mahasantri dalam menyikapi permasalahan waqi’iyyah  maupun fardiyyah seputar di bidang fikih dan Hadits.

Seiring berjalannya waktu pendapat demi pendapat diutarakan oleh sebagian kelompok supaya suasana musyawaroh menjadi lebih kondusif, banyaknya perbedaan pendapat sangatlah penting karena  kita akan mendapatkan pengetahuan lain dari perbedaan pendapat tersebut.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki analisa atau pemikiran yang berbeda dalam berpendapat, namun pada intinya sama. Ada yang menguatkan pendapat dengan redaksi yang berbeda, hal ini akan diarahkan kepada perumus ataupun kepada mushohhih supaya mengambil jawaban yang tepat dan sepakat.

Mengingat apa yang dikatakan salah satu Mahasantri Ma’had Aly, “Jika kalian tidak sering bahtsul masa’il maka kalian belum siap menjadi mujtahid atau mufti sekalipun” begitu   tuturnya di sela-sela perkuliahan.

Bahtsul Masa’il ini pun terlaksana dengan lancar dan lebih meriah karena juga diikuti oleh seluruh Mahasantri di tahun 2022. Semoga apa yang telah di diskusikan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan semoga bukan hanya fatwa wacana belaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *