CATATAN WISUDA PERDANA MA’HAD ALY ZAINUL HASAN GENGGONG

Wisuda Ma’had Aly kali perdana dilaksanakan pada hari Rabu, 08 November 2023 pukul 07:00 sampai dengan selesai sebuah impian semua lembaga terutama ma’had aly telah mulai tercium wanginya, mutiara itu bisa dipetik buahnya, menjadi lika-liku yang tak pernah berkesudahan, hari ini telah menuai harapannya.

Hadir dalam acara sakral ini KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, S.H., M.M, Selaku ketua Senat dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dan segenap jajaran pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan, Rektor Universitas Islam Zainul Hasan sekaligus Biro Pendidikan Pondok Pesantren Zainul Hasan  Dr. Abd. Aziz, M.Ag  beserta Civitas Akademika Universitas Zainul Hasan, Ahmad Muzakki, M.H Mudir Ma’had Aly Zainul Hasan,  Prof. Mukri, M.Si selau Ketua PBNU Bidang Pendidikan, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Ketua Kopertais Jawa Timur sekaligus Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya beserta Dr. Hasan Ubaidillah, M.Pd,  dan menjadi Sekretaris MUI Jawa Timur, KH. Ahmad Muzammil selaku Ketua PCNU Kota Kraksaan, Bapak Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si, PJ. Bupati Kabupaten Probolinggo, Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Serta segenap undangan.

Puluhan mahasantri pilihan menjadi purna sarjana yang telah digadang-gadang lebih dari lima puluh mahasantri tetapi dalam perjalanannya mereka banyak yang mengundurkan diri dikarenakan tingginya sistem pendidikan yang telah diterapkan yaitu berbasis kitab kuning, gembelangan terus dilakukan demi sebuah kualitas yang dijaga,  sekalipun telah menyelami Dunia pesantren dan memiliki dasar literatur Kitab Kuning tidak menentukan sebuah keberhasilan menjalani kuliah di Ma’had aly terbukti dengan sisa yang masih bertahan hingga purna dan wisuda pagi ini di Islamic Center, Kraksaan.

Selain Ma’had Aly, berbarengan Universitas Islam Zainul Hasan dan Sekolah Tinggi Zainul Hasan Genggong, ketiga Instansi sepakat melaksanakan Wisuda, terutama Universitas Islam Zainul Hasan telah melaksanakan yang ke XXX sebanya ratusan wisudawan dan wisudawati berkumpul di gedung megah ini.

“Sarjana apabila dikukur dgn adanya kemampuan kompetensi dan keterampilan. Ini tidak bisa diraih dengan prolehan leha-leha dan pasti harus dengan kerja keras, harus dengan benar-benar ada didunia pekerjaan, dan harus berkontribusi ditengah-tengah masyarakat, dan berharap tetap dilakukan nilai-nilai keagamaan di tengah masyarakat global, berubahnya sosial dan canggihnya teknologi apalagi. Jadi Kalian harus berperan ditengah-tengah masyarakat, bangsa dan negara. ”Dalam sambutannya Ketua MUI Jawa Timur.

“Semoga para wisudawan bisa berkontribusi di Masyarakat, terutama mejadi tauladan yang bisa menjadi peneduh masyarakat, sehingga keberadaannya sangat diharapkan disekelingnya” Harapan Mudir Ma’had aly Zainul Hasan.

Salah satu diantar semua wisudawan ada seorang mahasantri Anggun, yaitu viviatun ni’mah, Ketika ditanya apa kesan purna wisudamu hari ini, Alhamdulillah sangan senang dan bangga bisa sampai detik ini, allah maha baik dan terbaik terima kasih tak terhingga kepadamu Ya Rabbal Alamin dan kedua orang tuaku yang telah percaya dan memberi kesempatan seluas-luasnya bisa sarjana dan menempuah Pendidikan di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong yang penuh juang dan barokah ini. Selain itu berharap juniorku bisa lebih baik lagi kedepan, Mahad Aly juga lebih maju dan berkualitas lulusannya yang diimpikan Masyarakat. Sahutnya.

Cerah campur bahagia menerangi kota kraksaan hari ini, semua berkumpul dan pecah ditengah pusat kota kraksan yang selama ini menjadi icon kota kraksaan yang selama menjadi kota bisa dikatakan selalu ramai dan penuh dalam malamnya. Dikelilingi rerumputan dan Cahaya malang sehingga mengindahkan pemandangan yang telah dibuat sedemikian cantik dan Anggun. Semerbak baunya juga sangat harum pengaruh sang penakluk kraksaan yaitu kiai ronggo.

Dilihat dari seorang yang telah membuai sangat dibanggakan semua kalangan yang menjadi semua kalangan tak terhingga bersikaplah trimurti yang membanggakan semuanya, tidak sedikit anak desa wisuda pagi ini membuat optimisme tersendiri majunya sebuah desa kedepan akan segera berubah. (RZI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *