MAHASANTRI MA’HAD ALY GENGGONG LULUS SEBAGAI DA’I INTERNASIONAL

Perkembangan Islam di Korea Selatan begitu pesat. Ditengah pesatnya perkembangan Islam tersebut kehausan akan ilmu agama makin terasa dibutuhkan terutama bagi Warga Indonesia yang menjadi TKI disana. Untuk itu masyarakat muslim di Korea Selatan berinisiatif mendatangkan para Da’i bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama’ (PBNU Jakarta) yang dikoordinir oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Korea Selatan (PCINU Korea Selatan). 

Mereka yang didatangkan biasanya para santri hasil seleksi PBNU yang alim, Faqih dan Kompeten dan berfikir Moderat. Selain untuk menjadi Pendakwah juga menjadi imam shalat dan juga mengajarkan bacaan Alquran kepada jamaah di sana. 

Ramadan ini menjadi istimewa setelah beberapa tahun dilanda Covid 19, selain bisa menghirup udara bebas juga menjadi momen paling dahsyat bagi Ma’had aly Pesantren Zainul Hasan, karena salah satu diantara yaitu Mahasantri Muhammad Riza Diponegoro panggilan akrabnya disapa mas Riza terpilih menjadi Da’i yang berangkat ke Korea Selatan atas hasil seleksi ketat dan PCINU Korea Selatan, Dubes Korea Selatan dan undangan masyarakat muslim untuk berdakwah di sana.

Reza pun mengaku terkejut saat pengumuman disampaikan oleh panitia seleksi LD PBNU perihal rencana kepergiannya ke Negeri Ginseng tersebut. Ia mengaku sempat tidak percaya karena peserta lain banyak dari kalangan kiai, Ustadz dan dosen dan tes baca kitab Fath Mu’in, Arab Inggris sehingga kecil kemungkinan santri Genggong tersebut lulus seleksi, namun Allah bertindak lain. Riza Diponegoro positif berangkat ke Korea Selatan.

“Jadi waktu itu pelepasan oleh Mudir Ma’had Aly, Reza menjelaskan dan berbagi pengalamannya mengatakan bahwa kesuksesan santri tidak bisa diukur, jadi naik turunnya tidak ketahuan. Sukses adalah berusaha dan bergerak. Sahutnya. Jadi, ”saya dalam setiap momen memaksimalkan kesempatan itu, dan akhirnya bisa menggapai dan mendarat di korea selatan.” ujarnya. 

 “Kami segenap pimpinan Mahad Aly pastinya merasa bangga dengan keberangkatan mahasantri ma’had aly ini, semoga yang yang bisa seperti mas reza dan semakin banyak berkiprah di kancah internasional. Harapan-nya bisa menjalankan tugas dengan baik” ujar Ustaz Ahmad Muzakki, Mudir Ma’had Aly Zainul Hasan Genggong. [Rby]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *