CATATAN MUDIR: DISTINGSI MA`HAD ALY ZAINUL HASAN GENGGONG

Ma`had Aly Zainul Hasan Genggong Resmi mendapatkan SK Dirjen Pendis Kemenag RI NO 2886 Tahun 2019. Ma`had Aly Zainul Hasan Genggong didirikan sebagai ikhtiyar untuk menjaga tradisi ulama salafus shaleh dengan takhossus Hadits wa Ulumuhu (Konsentrasi Hadits Ahkam). Takhossus ini menjadi pilihan dikarenakan masih langkahnya ahli-ahli hadits yang mumpuni di bidangnya dan demi untuk ikut melestarikan ajaran-ajaran islam yang terkandung di dalam sumber islam primer ini. Dan juga untuk melanjutkan perjuangan ilmiah KH. Moh. Hasan selaku pengasuh kedua Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dimana beliau merupakan salah seorang yang ahli hadits, memiliki beberapa karya kitab. Salah satunya kitab hadits dengan judul Hadits Ala Tartib Hurufil Hijaiyyati dan Musnid Dunya, Syekh Yasin Al-Fadani pernah mengambil riwayat hadits dari beliau.

Ma`had Aly takhossus hadits wa ulumuhu di Indonesia kurang lebih ada 5 yaitu Ma`had Aly Hasyim Asy`ari Jombang, Ma`had Aly Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Ma`had Aly Assunniyah Jember, Ma`had Aly Darul Ihya Bangil, Ma`had Aly Balekambang Jepara. Adapun yang membedakan diantara kelimanya adalah pada konsentrasinya. Ma`had Aly Zainul Hasan Genggong memilih konsentrasi Hadits Ahkam guna menguatkan pemahaman fiqh dengan dalil hadits. Dengan konsen pada hadits ahkam, mahasantri Ma`had Aly Zainul Hasan Genggong diharapkan mampu memahami hadits-hadits yang menjadi dasar istinbat para fuqaha dalam melahirkan hukum fiqh.

Oleh sebab itulah, diantara kitab muqorrar dalam bidang hadits ahkam adalah Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram, Sunan Abi Daud dan Shohih Bukhori. Kutubus Sittah yang lain juga menjadi objek kajian dalam format kajian hadits maudhu`i. Kemudian untuk memberikan pemahaman fiqh yang komprehensif, maka dipilihlah kitab Kifayatul Akhyar, Hasyiyah Bajuri dan Rahmatul Ummah Fikhtilafil Aimmah sebagai kitab muqarrar dalam bidang fiqh. Mahasantri lulusan Ma`had Aly Zainul Hasan Genggong diharapkan memahami fiqh madzhab Syafi`i dan fiqh madzhab empat beserta hadits-hadits yang menjadi landasan istinbat mereka. Inilah yang menjadi distingsi Ma`had Aly Zainul Hasan Genggong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *