Mahasantri Ma’had Aly Genggong Ikuti Daurah Ilmiyah Bersama Syekh Muhammad Amin Asy-Syinqithy

Sabtu, 12 Agustus 2022, Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo mendapatkan kehormatan dengan kedatangan salah satu Ulama Mekkah Syekh Muhammad Amin Asy-Syinqity. Beliau merupakan salah satu pengajar di Pondok Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki.

Silaturahmi beliau ke Pondok Genggong dikemas dalam acara Daurah Ilmiah. Diikuti oleh seluruh santri putra pondok Zainul Hasan Genggong dan Mahasantri Mahad Aly Liqismail Hadits Wa Ulumihi.

Diantara yang beliau sampaikan adalah keharusan santri untuk senantiasa murajaah (mengulang-ulang) ilmu yang sudah dipelajari, menambah pengetahuan dengan kitab-kitab Syarah dan menghafal kitab-kitab matan. Selain itu menurut beliau perlu selalu bermusyawarah bersama para teman untuk mengurai hal-hal yang sulit.

Selain itu beliau berpesan kepada para santri agar benar-benar alim, ilmu tidak hanya ditulis, namun harus ditanamkan dalam hati dan jangan lupa berdoa agar yang dilakukan dapat bermanfaat.

Setelah menyampaikan materi, dibuka diskusi interaktif bersama beliau. Diantara hal yang didiskusikan adalah seputar hukum Gojek, nikah muhallil, seputar zakat, tips agar mudah mengatasi rasa malas dan hal-hal lain terkait fiqh dan tasawuf.

Dalam persoalan gojek Syekh Amin memiliki jawaban yang cukup moderat. Beliau berpendapat bahwa memanfaatkan jasa gojek boleh-boleh saja, karena tidak mengandung unsur riba. Berkenaan dengan pengemudi lain mahram, menurut beliau bisa diperbolehkan dengan syarat tidak ada khalwat, tidak saling bersentuhan. Untuk menghindari saling bersentuhan, menurut beliau diantara pengemudi dan penumpang bisa diberikan penghalang semisal karton atau tas, dll.

Daurah Ilmiah ini dibuka oleh KH Ahsan Hassan Malik dan yang bertindak sebagai mutarjim adalah Gus Ebit. Hadir juga KH Moh. Hasan Naufal, dan beberapa Kiai-Kiai dan Gus-Gus Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong

Diakhir sesi beliau mendoakan para santri dan memberikan ijazah apa-apa yang telah beliau pelajari. Semoga mendapatkan barokah berkat kehadiran beliau. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *