Ma’had Aly Zainul Hasan Tingkatkan Mutu Dan Kemitraan dengan Pesantren Salafiyah

Kamis Sore, 23 Mei 2024 Pimpinan Civitas Ma’had Aly bersama Pembina sekaligus Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong beserta segenap Dosen melaksanakan rapat koordinasi evaluasi dalam rangka mewujudkan lulusan Ma’had Aly Pondok Pesantren Zainul Hasan yang unggul, menjaga mutu dan memperluas kemitraan dengan Pondok Pesantren Salafiyah berbaris kitab seluruh Jawa Timur dan bahkan Se-Indonesia, bertempat di Ruang Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Probolinggo.

Hadir dalam rapat tersebut Pembina Ma’had Aly Zainul Hasan Dr. Abd Aziz, BA., M.Ag, Mudir Ma’had Aly Ust. Ahmad Muzakki, M.H, Naib Mudir Satu Ust. Abu Yazid Adnan, M.H.I, Naib Mudir II Ustadzah Endah Tri wisudaningsih, M.Pd, Naib Mudir III Ust. Imam Syafi’i, M.H, LP3M Ust. Robby Zidni Ilman, M.Ag, Kabiro Akademik Ust. Roviuddin, M. Pd, Segenap Dosen KH. Ghufran, M.Pd, KH. Amaruddin Sholeh, M.Pd, Ust. Achmad Robith Khusni, M.Pd, Ustad. Noer Indah Permata Sari, M.ag, Mas Ahmad Rijal dan lainnya.

Dalam kesempatan ini Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong memimpin langsung rapat tersebut, dalam sambutan pembuka rapat ini beliau menyampaikan “Ma’had Aly sudah seharusnya bisa membaca kitab kuning, dan perlu mempunyai ciri khas yaitu bahasa arab, kita diberi kepercayaan oleh kiai agar mampu mengelola dengan baik dan bisa bersaing dengan yang lain dan terus meningkatkan prestasi semisal mengirim sebanyak-banyaknya da’i lokal dan internasional semisal kemarin ke Korea, Thailand, juga Ma’had aly selain menjadi lumbung ahli kitab juga harus menjadi pengajar atau trainer kitab dilembaga-lembaga” sahutnya.

Adapun beberapa poin pembahasan yang disepakati bersama diantara, Seluruh Mahasantri yang diterima di Ma’had Aly wajib bisa membaca kitab kuning, Mengadakan kelas I’dad dan percepatan bagi mahasantri yang tidak mencapai nilai standar Ma’had aly, Pembinaan lingkungan Bahasa Arab seminggu dua hari, setiap semester mahasantri wajib memenuhi standart kelulusan yaitu hafalan hadis, tes membaca kitab setiap jenjang semester, melaksanakan pengabdian pesantren salafiyah, dan pembagian tugas penyebaran mitra pesantren.

Sedangkan Mudir Ust. Muzakki dalam sambutan pengantar rapat diatas menyampaikan dengan tegas bahwa Ma’had Aly Zainul Hasan akan selektif dan perketat dalam penerimaan mahasantri baru, komitmen tersebut sudah menjadi kesepatakan bersama bahwa kualitas yang diprioritaskan dalam menjaga nilai-nilai Ma’had Aly. Kita sangat bersyukur dalam perjalanan selama lima tahun ini telah mendapatkan akreditasi B oleh kementrian Agama, sehingga kedepan kita akan lebih fokus lagi dalam menyiapkan lembaga unggul dan berprestasi lainnya terutama dalam produktifitas penulisan karya dosen dan mahasantri. Imbuhnya

Diakhiri dengan doa penutup sekaligus ramah tamah sambil bercanda tawa yang menjadi khas loyalitas dan kekompakan civitas Ma’had aly Zainul Hasan Genggong, Probolinggo. Semoga Ma’had Aly Zainul Hasan Genggong semakin jaya dan maju berkualitas unggul dalam pendalaman khazanah keilmuan islam dalam bidang hadis. (RZI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *