Mahasantri Ma`had Aly Genggong Mengikuti Kajian Intensif Kitab Ibanatul Ahkam

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi kader ahli hadits, Ma`had Aly PP Zainul Hasan Genggong terus melakukan aktivitas-aktivitas berkaitan denga penguatan keahlian mahasantri dalam bidang Hadits. Salah satunya adalah melakukan kajian rutin kitab Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram. Kitab ini merupakan kitab yang menjelaskan secara detail hadits-hadits yang terdapat dalam kitab Bulughul Maram. Kitab Ibanah ini terbagi menjadi 4 Juz, meliputi hadits seputar Ibadah, Muamalat, Munakahat, Jinayat dan lainnya.

Mahasantri Ma`had Aly setiap hari selasa mengikuti khataman kitab Bulughul Maram. Kemudian setiap harinya ada kajian diskusi dengan ditemani oleh dosen pembimbing. Salah satu kitab yang didiskusikan adalah Ibanatul Ahkam. Kitab ini cukup komprehensif, karena di dalamnya memuat kajian lafadz, pemahaman hadits secara global, kandungan hukum dalam hadits dan biografi perawi hadits.

Kitab ini sangat direkomendasikan bagi para pelajar hadits, karena pengarang juga memuat perbedaan-perbedaan pendapat dari ulama madzhab empat terkait berbagai hukum. Kitab ini menjadi kitab wajib yang harus dipahami dan dikuasai oleh Mahasntri Ma`had Aly PP Zainul Hasan Genggong. Kitab lain yang juga dikaji di Ma`had Aly Genggong adalah Fathul Mubin Syarah Arbain, Shohih Bukhori dan Al-Ahadits An-Nabawiyah `Ala Tartibi Hurufil Hijaiyyati karya KH Moh. Hasan Genggong (Pengasuh kedua PP Zainul Hasan Genggong). Kitab yang terakhir ini selain dikaji, Mahasantri juga ditugaskan untuk mencari sumber rujukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *